Keberkahan Hidup Meninggalkan Riba

Keberkahan Hidup Meninggalkan RIba

Sahabat SRM, ada pengalaman berharga dari seorang sahabat SRM. Ia adalah pasangan suami istri yang pernah bergelut sebagai karyawan salah satu Bank Pembangunan Daerah. Selama ia bekerja di bank hidupnya seakan menjadi sempit dan serba kekurangan, padahal gajinya seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Anaknya hampir setiap bulan masuk Rumah Sakit selain itu juga banyak pengeluaran yang tidak terasa, entah untuk kebutuhan apa.

“Riba meskipun banyak namun akibatnya menjadi sedikit.” (H.R Al Hakim)

“Tidaklah seseorang membiasakan riba, kecuali Allah membalasnya dengan kekurangan” (H.R Ibnu Majah)

“Rasulullah SAW bersabda : meskipun riba sebanyak ini, ia akan membawa akhirnya ke kemelaratan". (H.R Ibnu Majah, Ahmad, Baihaqi).

Hingga mereka menyadari bahwa riba yang selama ini membuat hidupnya serba sempit dan kekurangan, apalagi ketika mengetahui besarnya dosa riba, akhirnya mereka sepakat dan memutuskan untuk keluar dari bank dengan keyakinan bahwa rezeki sudah Allah jamin. 

Setelah keluar dari Bank kehidupan mereka berubah derastis, mereka diterima menjadi karyawan serta hidup dengan ketenangan dan keberkahan.

Jangan menjadi orang yang kaya, punya kedudukan, punya banyak gelar, tapi hidupnya tidak "berkah", hidupnya gelisah,  sempit, tidak tenang, setiap detik waktunya hanya diisi dengan dosa dan kemungkaran,  moral dihatinya semakin rusak sehingga tidak bisa ikut merasakan penderitaan orang lain, lelahnya hanya untuk memenuhi nasfunya, tidak ada kebaikan dan manfaat darinya.

Lebih baik hidup sederhana dan keluar dari riba karena Allah akan menjadikan hidup penuh keberkahan, setiap kesulitannya akan dimudahkan, setiap kebutuhan akan dicukupkan, waktunya semakin bermanfaat dan senantiasa digunakan untuk kebaikan, senantiasa diberikan ketenangan hidup sehingga senantiasa terjaga kesehatannya.

Sahabat SRM banyak sekali kisah riba serupa yang disampaikan kepada tim SRM tentang  perbedaan kehidupan dalam riba dan setelah memutuskan hijrah dari riba. Bagi yang belum berhijrah, segeralah bulatkan tekad dan keyakinan, Allah akan menjamin rezeki dan akan membuat hidup menjadi berkah, dibanding masih dalam riba yang membuatnya menjadi kurang, sedikit dan sempit.

Allahu A'lam
Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel